Rabu, 07 Desember 2016

Makalah Aplikasi Matlab



Makalah
APLIKASI MATLAB








OLEH:

                                    NAMA            : WAFILA
                                    STAMBUK    : A 241 15 048
                                    KELAS           : C



PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS TADULAKO
2016
MATLAB atau yang kita sebut dengan (Matrix Laboratory) yaitu sebuah program untuk menganalisis dan mengkomputasi data numerik, dan MATLAB juga merupakan suatu bahasa pemrograman matematika lanjutan, yang dibentuk dengan dasar pemikiran yang menggunakan sifat dan bentuk matriks.
Matlab yang merupakan singkatan dari Matrix Laboratory, merupakan bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh The Mathwork Inc. yang hadir dengan fungsi dan karakteristik yang berbeda dengan bahasa pemrograman lain yang sudah ada lebih dahulu seperti Delphi, Basic maupun C++.
Matlab juga merupakan bahasa pemrograman computer berbasis window dengan orientasi dasarnya adalah matrik, namun pada program ini tidak menutup kemungkinan untuk pengerjaan permasalahan non matrik. Selain itu matlab juga merupakan bahasa pemrograman yang berbasis pada obyek (OOP), namun disisi lain karena matlab bukanlah type compiler, maka program yang dihasilkan pada matlab tidak dapat berdiri sendiri. Namun agar hasil program dapat berdiri sendiri maka harus dilakukan transfer pada bahasa pemrograman yang lain, misalnya C++. Pada matlab terdapat tiga windows yang digunakan dalam operasinya  yaitu :
·       Command windows (layar perintah)
·       Figure windows (layar gambar), 
·       Note Pad (sebagai editor program).
Fungsi dari setiap window MATLAB
a.       MATLAB Command window/editor
MATLAB Command window/editor merupakan window yang muncul ketika kita membuka pertama kali setiap kita menjalankan aplikasi MATLAB,
Pada window kita dapat melakukan akses-akses ke command-command MATLAB dengan cara mengetikkan barisan-barisan ekpresi MATLAB, seperti mengakses help window dan lain-lainnya.
Command Window (layar perintah) dapat kita gunakan untuk menjalankan program/perintah yang dibuat pada layar editor matlab. Pada windows/layar ini kita dapat mengakses perintah maupun komponen pendukung (help file dll) yang ada di matlab secara langsung. Salah satu cirri dari command windows ditandai dengan tanda prompt (>>).
b.      MATLAB Editor/Debugger (Editor M-File/Pencarian Kesalahan)
Window ini merupakan tool yang disediakan oleh Matlab 5 keatas. Berfungsi sebagai editor script Matlab (M-file). Walaupun sebenarnya script ini untuk pemrograman Matlab dapat saja menggunakan editor yang lain seperi notepad, wordpad bahkan word.
 Untuk mengakses window m-file ini dapat kita lakukan dengan cara :
1. Memilih menu File - kemudian pilih New
2. Pilih m-file, maka MATLAB akan menampilkan editor window :
selain dengan cara di atas untuk menampilkan editor M-file ini, kita dapat juga melakukanya dengan cara :
>> edit
c.       Figure Windows
Window ini merupakan hasil visualisasi dari script Matlab. Namun Matlab memberi kemudahan bagi programer untuk  mengedit window ini sekaligus memberikan program khusus untuk itu. Sehingga window ini selain berfungsi sebagai visualisasi output dapat juga sekaligus menjadi media input yang interaktif.
d.      MATLAB help window
MATLAB juga menyediakan sistem help yang dapat diakses dengan perintah help. Misalnya, untuk memperoleh informasi mengenai fungsi elfun yaitu fungsi untuk trigonometri, eksponensial, complex dan lain-lain, maka kita hanya perlu mengetikkan perintah berikut :
» help elfun
dan kemudian menekan enter maka di layar akan muncul informasi dalam bentuk teks pada layar MATLAB yaitu : Elementary math functions.
·       Trigonometric
·       sin - Sine.
·       sinh - Hyperbolic sine.
·       asin - Inverse sine.
·       asinh - Inverse hyperbolic sine.
·       cos - Cosine.
·       cosh - Hyperbolic cosine.
·       acos - Inverse cosine.
·       acosh - Inverse hyperbolic cosine.
·       tan - Tangent.
·       tanh - Hyperbolic tangent.
·       atan - Inverse tangent.
·       atan2 - Four quadrant inverse tangent.
·       atanh - Inverse hyperbolic tangent.
·       sec - Secant.
·       sech - Hyperbolic secant.
·       asec - Inverse secant.
·       asech - Inverse hyperbolic secant.
·       csc - Cosecant.
·       csch - Hyperbolic cosecant.
·       acsc - Inverse cosecant.
·       acsch - Inverse hyperbolic cosecant.
·       cot - Cotangent.
·       coth - Hyperbolic cotangent.
·       acot - Inverse cotangent.
·       acoth - Inverse hyperbolic cotangent.
·       Exponential.
·       exp - Exponential.
·       log - Natural logarithm.
·       log10 - Common (base 10) logarithm.
·       log2 - Base 2 logarithm and dissect floating
·       point number.
·       pow2 - Base 2 power and scale floating point number.
·       sqrt - Square root.
·       nextpow2 - Next higher power of 2.
·       Complex.
·       abs - Absolute value.
·       angle - Phase angle.
·       complex - Construct complex data from real and imaginary parts.
·       conj - Complex conjugate.
·       imag - Complex imaginary part.
·       real - Complex real part.
·       unwrap - Unwrap phase angle.
·       isreal - True for real array.
·       cplxpair - Sort numbers into complex conjugate pairs.
·       Rounding and remainder.
·       fix - Round towards zero.
·       floor - Round towards minus infinity.
·       ceil - Round towards plus infinity.
·       round - Round towards nearest integer.
·       mod - Modulus (signed remainder after division).
·       rem - Remainder after division.
·       sign - Signum.
Selain help untuk informasi di atas dapat juga kita melihat informasi lainnya, misalnya perintah yang sangat berguna untuk mempelajari pemrograman MATLAB yaitu intro, yang membahas konsep-konsep dasar tentang bahasa MATLAB. Selain itu juga terdapat banyak program demonstrasi yang mengilustrasikan berbagai kapabilitas MATLAB, yang dapat dimulai dengan perintah demo. 
Atau untuk lebih lengkapnya dapat kita lihat di tampilan MATLAB, dengan cara memilih menu Window kemudian pilih help window, dan untuk mengetahui informasi yang ada maka dapat dilakukan dengan mengclickan dua kali info yang ada di MATLAB Help Window, atau dengan mengetikkan informasi yang ingin didapatkan pada sudut sebelah kiri MATLAB Help Window.

LINGKUNGAN KERJA MATLAB
Sebelum kita memulai bekerja dengan MATLAB, mari kita kenali dulu interface window-nya. Ketika kita membuka program MATLAB maka interface default-nya akan seperti gambar di bawah ini.

Bagian yang penting pada Interface MATLAB adalah
  • Current Directory
Window ini menampilkan isi dari direktori kerja saat menggunakan MATLAB. Kita dapat mengganti direktori ini sesuai dengan tempat direktori kerja yang diinginkan dengan mengklik icon  yang terdapat di bawah menu bar. Default dari alamat direktori berada dalam folder works tempat program files MATLAB berada.
  • Editor
Editor digunakan untuk membuat M-file yang akan digunakan untuk membuat program yang dijalankan oleh MATLAB. Untuk membuat atau mengubah M-file kita bisa mengklik File > New atau File > Open, atau dengan menulis edit di Command Window.
  • Command Window
Command Window ini digunakan untuk menjalankan baris-baris program yang ditulis secara langsung di jendela ini atau melalui Editor. Disini merupakan tempat untuk menjalankan fungsi, mendeklarasikan variabel, membuat plot, menjalankan proses-proses, dan melihat isi variabel yang telah dibuat.
  • Command Window juga dapat digunakan untuk memanggil Tool MATLAB seperti Editor, debugger, atau fungsi. Ciri dari jendela ini ialah adanya prompt (>>) yang menyatakan MATLAB siap menerima perintah. 
  • Workspace
Jendela ini berisikan variabel-variabel yang telah dideklarasikan dan diisi datanya. Di jendela ini kita bisa mengetahui ukuran matriks variabel kita, nilai minimum, dan nilai maksimum variabel yang telah dibuat.

  • Command History

Command History berisikan kode program yang telah dijalankan dari Command Window.
Help merupakan program yang disediakan oleh MATLAB unntuk membantu para pengguna yang ingin mengetahui fungsi ataupun sintaks MATLAB.

HELP MATLAB
Help merupakan program yang disediakan oleh MATLAB unntuk membantu para pengguna yang ingin mengetahui fungsi ataupun sintaks MATLAB. Help ini dibuat mudah dimengerti oleh pengguna dengan menambahkan contoh penggunaan dari fungsi atau sintaks tersebut.

START BUTTON

Tombol Start menyediakan jalan pintas untuk mengakses toolbox, simulink, demo, dan dokumentasi.


 DAFTAR PUSTAKA
Kusuma Holland. (2016). Pengenalan Jendela Program Matlab. [online], Tersedia :https://hollandakusuma.wordpress.com/2016/06/01/pengenalan-jendela-program-matlab/[7 Desember 2016]

Ameliaadz. (2013). Pengertian Matlab. [online], Tersedia :http://ameliaadz.blogspot.co.id/2013/03/pengertian-matlab.html[7 Desember 2016]










2 komentar: